Manfaat Brand Guideline serta Tips Cara Membuat Elemennya

Mambangun sebuah brand tidak bisa Anda wujudkan dalam waktu singkat, sebab dituntut konsisten. Beragam manfaat brand guideline yang akan didapatkan pemilik bisnis online untuk menghadapi ketatnya persaingan. Agar pemilik bisnis memiliki pengetahuan cukup mengenai panduan menciptakan brand, maka ikuti penjelasan lengkapnya berikut. 

Apa Saja Manfaat Brand Guideline? 

Pada umumnya bisnis telah memiliki sehingga sebaiknya pemilik bisnis menyusun isi brand guideline sebagai pedoman saat menjalankan promosi maupun marketing. Lalu apa saja yang akan pemilik dapatkan jika memiliki pedoman dalam pengenalan brand? Berikut sederet manfaatnya:

  • Membangun Identitas Brand

Pedoman pengenalan brand akan membantu pemilik bisnis membangun identitasnya lebih kuat melalui konsistensi. Konsistensi tersebut akan tercipta melalui seperangkat pedoman sebagai dasar memperkenalkan brand.

  • Memudahkan Menentukan Standar

Cara membuat brand guideline akan membantu menentukan standar yang nantinya digunakan oleh seluruh tim agar sesuai aturan perusahaan. Standar tersebut mencakup postingan di medsos, iklan, hingga hal lain yang berhubungan dengan brand. 

  • Brand Mudah untuk Diingat

Salah satu cara meningkatkan brand awareness, tim desain perusahaan diwajibkan menciptakan logo. Aturan logo terdapat dalam pedoman brand, sehingga mampu mewakili perusahaan. Selain itu, brand guideline logo juga membantu merek mudah dikenali oleh masyarakat. 

Tips Membuat Brand Guideline

Terdapat banyak manfaat brand guideline, terutama untuk menghadapi era digital. Adanya pedoman akan mencerminkan konsistensi brand pada blog tau website. Selain itu, brand dari perusahaan Anda akan menciptakan kesan lebih kuat. Untuk mewujudkannya, perhatikan tips membuat pedoman brand berikut:

  • Brand Story

Membuat brand story atau kisah mengenai perjalanan menjadi elemen penting yang harus ada pada pedoman perusahaan. Sebab, cerita tentang brand akan membentuk nilai-nilai tertentu yang ingin ditonjolkan. Selain itu, adanya brand story juga membantu menjawab mengapa diciptakannya sebuah merek. 

  • Logo

Manfaat brand guideLine yaitu menciptakan logo yang sesuai dengan citra perusahaan. Logo harus mampu mempresentasikan pesan secara menyeluruh dari sebuah brand. Misalnya logo dari restoran cepat saji harus menampilkan pesan kelezatan makanan. 

  • Brand Color

Warna akan mewakili pesan serta mampu membangkitkan emosi tertentu. Salah satu elemen yang menunjang manfaat brand guideline yaitu menggunakan palet warna. Perusahaan akan memutuskan menggunakan warna-warna tertentu yang akan digunakan untuk seluruh aspek bisnis. Contohnya, Blueband identik dengan warna kuning. 

  • Font

Selain warna pemilihan huruf juga akan mempengaruhi sebuah brand. Tentunya setiap jenis huruf memiliki karakteristik tertentu, sehingga pemilik bisnis harus cermat saat memilihnya. Huruf yang bentuknya unik akan membantu mengingat brand lebih mudah. 

  • Komunikasi Brand Voice

Elemen terakhir yang tak boleh pemilik bisnis lupakan yaitu suara. Anda harus bisa menentukan bagaimana brand disampaikan menggunakan suara manusia. Ketika audiens mendengar tentang merek Anda, maka akan langsung mengenalinya. Misalnya, untuk memperkenalkan parfum pria, sebaiknya menggunakan tone voice yang maskulin.

Untuk memenangkan persaingan, Anda bisa menggunakan bantuan jasa untuk mengelola bisnis digital. Hadirnya Boleh Dicoba Digital telah melayani lebih dari 800 klien, sehingga tidak diragukan lagi pengalamannya. Selain itu, tim dengan kemampuan tinggi menunjang profesionalitas yang selalu terjaga. 

Tinggalkan komentar